SUDAH PINDAH RUMAH -> ADA KOKO

Prakoso Bhairawa, Kurang Seminggu Selesaikan Tiga Buku

Rabu, 24 Maret 2010


Annida-Online--Prakoso “Koko” Bhairawa, Duta Bahasa 2006 dari Pusat Bahasa memang tak bisa lepas dari keyboard komputer. Kabar terbaru, Koko baru saja menyelesaikan tiga buku sekaligus yang tuntas selama lima hari. Tiga buku ini sedang dalam proses penerbitan Ganexa Exact Bandung. Masing-masing Ayo Ngeblog: Cara Praktis Jadi Blogger, Membaca dan Memahami Cerpen, dan Membaca Cerita Rakyat Kerinci: Pendekar Bujang Senaya.

“Menarik prosesnya cukup cepat. Tiga buku itu dikerjakan dalam lima hari saja. Hanya buku ngeblog yang prosesnya cukup banyak editan,” ujar Koko mengenai bukunya tersebut.

Buku-buku terbaru Koko, yang unik adalah tidak bisa didapatkan secara komersial. Pasalnya buku-buku ini merupakan materi pengayaan untuk pelajar SMP, sehingga begitu usai cetak akan didistribusikan ke seluruh SMP di Indonesia. Beberapa bukunya yang bisa didapatkan di toko buku adalah Aku Lelah Menjadi Cantik yang mendapat nominasi Khatulistiwa Literary Award 2009 dan beberapa serial cerita rakyat dari Sumatera Selatan.

“Kalau ditanya berapa bukunya, sebenarnya nggak banyak kayak teman-teman Forum Lingkar Pena yang lain,” tambahnya. Meskipun demikian Koko mengaku senang bisa menuliskan kembali cerita rakyat sebagai bacaan anak Indonesia. Setidaknya sampai hari ini sudah ada enam buku cerita rakyat karyanya yang beredar. Artinya dongeng, mitos, ataupun legenda daerah masih punya tempat di dunia literasi Indonesia. Sedangkan untuk buku Membaca dan Memahami Cerpen, isinya membahas cerpen-cerpen yang pernah ditulisnya.

“Tetapi diberikan pemahaman untuk membaca. Semacam pengetahuan awal tentang cerpen dan unsure-unsurnya. Semuanya menggunakan bahasa yang sederhana dan khas untuk anak SMP,” jelasnya.

Selain menulis buku-buku pengayaan, Koko masih tetap menulis banyak artikel untuk berbagai media massa. Terutama mengenai sastra, sosial budaya, serta teknologi sesuai minat finalis Remaja Berprestasi Annida ini. [Elzam]

Sumber: Annida Online, 24 Maret 2010

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

BERGABUNG DENGAN BLOG INI

PENJAGA LAMAN

Foto Saya
prakoso bhairawa
Lahir di Tanjung Pandan (pulau Belitung), 11 Mei 1984. Ia memiliki nama pena KOKO P. BHAIRAWA. Duta Bahasa tingkat Nasional (2006) ini kerap menulis di berbagai media cetak Nasional dan Daerah. Buku-bukunya: Megat Merai Kandis (2005), La Runduma (2005), Ode Kampung (2006), Uda Ganteng No 13 (2006), Menggapai Cahaya (2006), Aisyah di Balik Tirai Jendela (2006), Teen World: Ortu Kenapa Sih? (2006). Asal Mula Bukit Batu Bekuray (2007), Medan Puisi (2007), 142 Penyair Menuju Bulan (2007), Ronas dan Telur Emas (2008), Tanah Pilih (2008), Putri Bunga Melur (2008), Aku Lelah Menjadi Cantik (2009), Pedas Lada Pasir Kuarsa (2009), Cerita Rakyat dari Palembang (2009), Wajah Deportan (2009), Pendekar Bujang Senaya (2010), Ayo Ngeblog: Cara Praktis jadi Blogger (2010), dan Membaca dan Memahami Cerpen (2010). Tahun 2009 menjadi Nominator Penulis Muda Berbakat – Khatulistiwa Literary Award. Saat ini tercatat sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beralamat di koko_p_bhairawa@yahoo.co.id, atau di prak001@lipi.go.id
Lihat profil lengkapku