SUDAH PINDAH RUMAH -> ADA KOKO

Lomba Foto Heritage Bangunan Bersejarah/Cagar Budaya (Bank Indonesia, deadline 3 September 2010)

Sabtu, 14 Agustus 2010

Dalam rangka pencanangan pelestarian dan pemanfaatan heritage Bank Indonesia, panitia menyelenggarakan Lomba Foto Heritage Bangunan Bersejarah/Cagar Budaya sebagai berikut:

1. Tema foto : Pelestarian heritage refleksi kepedulian terhadap perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Kesadaran akan pentingnya pelestarian serta pengelolaan heritage di Indonesia sudah mulai tumbuh dan berkembang dengan baik tiada terkecuali berupa bangunan-bangunan bersejarah/cagar budaya baik milik Bank Indonesia, Pemerintah maupun masyarakat yang tersebar di seluruh Nusantara.

Oleh karena itu, foto diharapkan dapat merefleksikan keanggunan karya bangunan bersejarah/cagar budaya yang adi luhur sebagai kekuatan pendorong untuk meniti ke masa depan. Lebih diapresiasi foto yang dapat menampilkan bangunan bersejarah/cagar budaya secara lengkap (bukan detail struktur) termasuk suasana yang melingkupinya, sehingga corak kekhasan terpancar dari karya bangunan tersebut.

2. Hadiah :

a. 1 orang Pemenang I sebesar Rp.10.000.000 (sepuluh juta Rupiah)
b. 1 orang Pemenang II sebesar Rp.7.500.000 (tujuh juta lima ratus ribu Rupiah)
c. 1 orang Pemenang III sebesar Rp.5.000.000 (lima juta Rupiah)
d. 5 pemenang foto favorit pilihan pengunjung pameran masing-masing sebesar Rp.1.000.000,00 (satu juta Rupiah)

3. Dewan Juri :
  • Miranda S. Goeltom (Pemerhati heritage)
  • Arbain Rambey (wartawan senior Kompas)
  • Goenadi Haryanto (fotografer senior)
  • Oscar Motuloh (KBN Antara)
  • Widarmanto (USF-IPEBI)

4. Kriteria Lomba :

  • Lomba terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya ( gratis)
  • Obyek photo adalah heritage yang telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya oleh Pemerintah sebagaimana namun tidak terbatas dalam daftar terlampir. Obyek foto diharapkan tampak semaksimal mungkin dan pemotretan wajib dilakukan dalam tahun 2010.
  • Setiap peserta dapat menyerahkan foto cetak warna atau hitam putih hasil karya sendiri maksimal 5 lembar foto dengan obyek foto yang berlainan, dengan ukuran cetak sisi terpanjang maksimal 30 cm beserta file hires atau negatif film. Foto belum pernah memenangkan lomba di berbagai event sebelumnya.
  • Pada sisi belakang setiap foto agar ditempelkan kertas dengan informasi sebagai berikut : judul foto, lokasi, tanggal pemotretan, nama peserta dan nomor identitas (KTP/SIM), nomor telp dan/atau HP, alamat email (jika ada).
  • Olah digital sewajarnya diperbolehkan, namun bukan merupakan penggabungan foto dan/atau HDR.
  • Foto yang dikirimkan tidak diperkenankan mengandung unsur provokatif, pornografi dan SARA. Panitia berhak untuk mendiskualifikasikan foto yang dianggap mengandung unsur-unsur tersebut.
  • Peserta bertanggung jawab terhadap adanya tuntutan pihak lain atas penggunaan fasilitas, lokasi, model, dan obyek lainnya dalam foto yang dikirimkan.
  • Foto diterima paling lambat tanggal 3 September 2010 pukul 13.00 WIB di sekretariat panitia dengan alamat :
Unit Khusus Museum Bank Indonesia
KOPERBI Gedung D Lantai 1
Jl. MH. Thamrin No.2 Jakarta Pusat 10350 Telp.021-3818731 Faks.021-3864935

Cantumkan tulisan ”LOMBA FOTO HERITAGE BANK INDONESIA” pada pojok kiri atas amplop pengiriman.

  • Pemenang akan diumumkan pada acara Pencanangan Pelestarian dan Pemanfaatan Heritage Bank Indonesia di Surabaya tanggal 26 September 2010 serta di website Bank Indonesia http://www.bi.go.id/web/id/.
  • Hadiah sudah termasuk kompensasi atas penggunaan foto-foto pemenang apabila foto tersebut digunakan untuk kepentingan Bank Indonesia. Panitia memiliki hak publikasi foto pemenang untuk kegiatan pameran dan sosialisasi Bank Indonesia lainnya dengan mencantumkan sumber foto (hak cipta tetap pada fotografer). Dengan mengikuti lomba foto ini, peserta telah memahami dan menyetujui segala hak dan kewajibannya.
  • Panitia tidak mengembalikan foto yang telah dikirimkan dan dilombakan.
  • Pajak hadiah ditanggung oleh Bank Indonesia sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.
  • Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Informasi lomba Sdr. Adi Purwantoro/Sdr.Jefri Prihartanto Telp. 021.3818731, (email: jfree_pri@yahoo.co.id) Sdr. Fadhil Nugroho HP.0818899150 (email: fadhil.nugroho@gmail.com)
PANITIA LOMBA FOTO

Pengumuman selengkapnya dan daftar lokasi silahkan ikuti link berikut:
http://www.bi.go.id/web/id/Tentang+BI/Museum/Berita+Museum/Berita+Khusus/Lomba_foto_2010.htm ...

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

BERGABUNG DENGAN BLOG INI

PENJAGA LAMAN

Foto Saya
prakoso bhairawa
Lahir di Tanjung Pandan (pulau Belitung), 11 Mei 1984. Ia memiliki nama pena KOKO P. BHAIRAWA. Duta Bahasa tingkat Nasional (2006) ini kerap menulis di berbagai media cetak Nasional dan Daerah. Buku-bukunya: Megat Merai Kandis (2005), La Runduma (2005), Ode Kampung (2006), Uda Ganteng No 13 (2006), Menggapai Cahaya (2006), Aisyah di Balik Tirai Jendela (2006), Teen World: Ortu Kenapa Sih? (2006). Asal Mula Bukit Batu Bekuray (2007), Medan Puisi (2007), 142 Penyair Menuju Bulan (2007), Ronas dan Telur Emas (2008), Tanah Pilih (2008), Putri Bunga Melur (2008), Aku Lelah Menjadi Cantik (2009), Pedas Lada Pasir Kuarsa (2009), Cerita Rakyat dari Palembang (2009), Wajah Deportan (2009), Pendekar Bujang Senaya (2010), Ayo Ngeblog: Cara Praktis jadi Blogger (2010), dan Membaca dan Memahami Cerpen (2010). Tahun 2009 menjadi Nominator Penulis Muda Berbakat – Khatulistiwa Literary Award. Saat ini tercatat sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beralamat di koko_p_bhairawa@yahoo.co.id, atau di prak001@lipi.go.id
Lihat profil lengkapku