SUDAH PINDAH RUMAH -> ADA KOKO

Buku Baru AKU LELAH MENJADI CANTIK

Kamis, 05 Februari 2009

AKHIRNYA setelah melalui berbagai proses buku "AKU LELAH MENJADI CANTIK" diterbitkan oleh HIKAYAT (Gama Media Group) dan segara beredar di toko-toko buku

Judul : Aku Lelah Menjadi Cantik
Penulis : Koko P Bhairawa
Penerbit : HIKAYAT Publishing (Gama Media Group)
Tebal : xiv + 86 hlm
Ukuran buku : 3 x 19 cm
Harga : Rp. 20.000,-
Cetakan I : Januari 2009




Apa kata mereka tentang kumpulan cerpen ini?


“Inilah tempat ia bermain dalam kumpulan cerpennya. Kolong, camuy, kebun sahang, bukit Betung, dan lain-lain, yang mungkin cukup asing bagi masyarakat di luar Bangka. Dari sana ia naik oto kongsi bersama bik-bik, nek-nek, atuk-atuk, elang keluit, keremunting, pasir timah, lalu singgah di cerita-cerita pendek bernuansa realisme. Barangkali “Aku Lelah Menjadi Cantik” ini merupakan kumpulan cerpen budak Bangka-Belitung pertama yang pernah ada.”
Agustinus “Onoy” Wahyono, bukan siapa-siapa

“Menjadi masyarakat (di)miskin(kan) yang hidup di sebuah pulau yang kaya sumber daya alam (timah) dengan segala problematikanya. Inilah pengalaman yang saya peroleh ketika membaca cerpen Koko P Bhairawa. Konflik-konflik yang muncul memang tidak keras, frontal, melainkan lembut menyusup, namun menyecahkan keperihan, keharuan dalam benak yang tak mudah dihapuskan. Ada pertempuran antar dua kekuatan yang tidak seimbang, yakni kekuatan masa lalu (diwakili oleh Atuk Jum, cerpen Atuk Jum: Lelaki di Lubang Camuy) yang mengidealkan hidup harmonis dengan alam dan kekuatan modal (kapitalisme) yang tanpa perasaan mengeruk (merusak) kekayaan alam. Pertempuran dua kekuatan ini kadang muncul dalam bentuk ironi, cerpen Hutan Beton Negeri Pesolek.”
Aris Kurniawan, Cerpenis

“Cerpen-cerpen dalam Aku Lelah Menjadi Cantik bertutur tentang dunia baru yang ingin lepas dari eksistensi budaya, patetis dengan warna humanis, sekaligus bertema fentilasi lokal. Perspektif ini dipilih pengarang dengan suasana kolektif yang kontras dan unsur prismatik yang tersimpan rapat.”
Hudan Nur , Penulis

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

BERGABUNG DENGAN BLOG INI

PENJAGA LAMAN

Foto Saya
prakoso bhairawa
Lahir di Tanjung Pandan (pulau Belitung), 11 Mei 1984. Ia memiliki nama pena KOKO P. BHAIRAWA. Duta Bahasa tingkat Nasional (2006) ini kerap menulis di berbagai media cetak Nasional dan Daerah. Buku-bukunya: Megat Merai Kandis (2005), La Runduma (2005), Ode Kampung (2006), Uda Ganteng No 13 (2006), Menggapai Cahaya (2006), Aisyah di Balik Tirai Jendela (2006), Teen World: Ortu Kenapa Sih? (2006). Asal Mula Bukit Batu Bekuray (2007), Medan Puisi (2007), 142 Penyair Menuju Bulan (2007), Ronas dan Telur Emas (2008), Tanah Pilih (2008), Putri Bunga Melur (2008), Aku Lelah Menjadi Cantik (2009), Pedas Lada Pasir Kuarsa (2009), Cerita Rakyat dari Palembang (2009), Wajah Deportan (2009), Pendekar Bujang Senaya (2010), Ayo Ngeblog: Cara Praktis jadi Blogger (2010), dan Membaca dan Memahami Cerpen (2010). Tahun 2009 menjadi Nominator Penulis Muda Berbakat – Khatulistiwa Literary Award. Saat ini tercatat sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beralamat di koko_p_bhairawa@yahoo.co.id, atau di prak001@lipi.go.id
Lihat profil lengkapku