SUDAH PINDAH RUMAH -> ADA KOKO

FINALIS OLIMPIADE PENELITIAN SISWA INDONESIA 2010

Jumat, 03 September 2010

Juri Seleksi 983 Naskah OPSI 2010


Kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2010 telah memasuki tahap awal yakni proses penyeleksian naskah penelitian. Sebanyak 983 makalah yang diterima oleh Subdit Kesiswaan, Direktorat Pembinaan SMA telah diseleksi oleh tim juri pada 20 – 22 Agustus 2010. Kegiatan seleksi ini berlangsung di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika, Bandung. Diperoleh 95 makalah terbaik yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti pameran poster dan presentasi penelitian. Masing-masing dari bidang Sains Dasar (30 makalah), Sains Terapan (40 makalah), dan bidang IPS dan Humanior (25 makalah).

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan format baru dan penyempurnaan dari kegiatan Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR). Tahun ini adalah kali kedua pelaksaan OPSI yang diadakan sebagai wahana pengembangan dan kompetisi bagi siswa SMA yang bertujuan untuk memotivasi siswa melakukan penelitian. Kegiatan ini diawali dengan seleksi makalah, menampilkan hasil penelitian melalui poster dan pameran, serta mempresentasikan hasil penelitian tersebut. Makalah yang terseleksi sesuai dengan kriteria penilaian yang disepakati, akan diikutsertakan pada tahap kompetisi selanjutnya.

Tujuan diselenggarakannya OPSI yakni untuk menjaring siswa yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian, menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA, dan memotivasi siswa SMA untuk berkreasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai dengan minat dan bakatnya, serta mendapatkan hasil penelitian yang orisinil, berkualitas, dan kompetitif.

Bidang yang dilombakan pada OPSI tahun ini dikelompokkan menjadi 3 (tiga) ; Kelompok Sains Dasar (matematika, fisika, kimia, biologi), Kelompok Sains Terapan (ekologi, mesin dan eletronika, komputer/informatika, kesehatan, pertanian), serta IPS dan Humaniora (ekonomi dan manajemen, sejarah dan kebudayaan, bahasa dan kesusastraan, pendidikan dan psikologi, sosiologi dan antropologi). Dari 983 naskah yang diterima oleh panitia terdiri dari 240 makalah dari bidang sains dasar, 472 dari bidang sains terapan, dan 199 dari bidang IPS dan humaniora.

Untuk melakukan proses seleksi terhadap 983 makalah yang masuk, telah dibentuk tim juri yang berasal dari beberapa pakar penelitian dan dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri Indonesia dengan latar belakang ilmu ataupun bidang yang diteliti. Secara garis besar penilaian makalah penelitian meliputi aspek ; keterpenuhan metode ilmiah, keunikan ide penelitian dan kreativitas, peluang aplikasi, orosinilitas, dan kebahasaan.

Koordinator juri bidang sains terapan, Dr. Ir. Moh. Hasroel Thayib, APU mengatakan peranan guru sangat penting dalam mendukung motivasi siswa untuk meneliti. Dari beberapa makalah yang diseleksi, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki oleh siswa, khususnya metodologi penelitian yang dilakukan masih belum terstruktur. Maka itu, menurut Hasroel, guru harus lebih dulu memberikan pemahaman pada siswa tentang bagaimana prosedur meneliti yang baik. “Masih banyak makalah yang perlu mendapat perhatian khusus dari guru, meski beberapa diantaranya ada juga yang sudah cukup baik untuk tataran siswa SMA. Namun demikian apa yang sudah dilakukan oleh hampir seribu siswa yang mengirimkan naskah dalam ajang OPSI ini kita berikan apresiasi yang luar biasa atas keinginan mereka untuk meneliti, ini sebenarnya tujuan utama kita.” Jelas Hasroel. Rinda

Dan finalisnya adalah sebagai berikut:



0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

BERGABUNG DENGAN BLOG INI

PENJAGA LAMAN

Foto Saya
prakoso bhairawa
Lahir di Tanjung Pandan (pulau Belitung), 11 Mei 1984. Ia memiliki nama pena KOKO P. BHAIRAWA. Duta Bahasa tingkat Nasional (2006) ini kerap menulis di berbagai media cetak Nasional dan Daerah. Buku-bukunya: Megat Merai Kandis (2005), La Runduma (2005), Ode Kampung (2006), Uda Ganteng No 13 (2006), Menggapai Cahaya (2006), Aisyah di Balik Tirai Jendela (2006), Teen World: Ortu Kenapa Sih? (2006). Asal Mula Bukit Batu Bekuray (2007), Medan Puisi (2007), 142 Penyair Menuju Bulan (2007), Ronas dan Telur Emas (2008), Tanah Pilih (2008), Putri Bunga Melur (2008), Aku Lelah Menjadi Cantik (2009), Pedas Lada Pasir Kuarsa (2009), Cerita Rakyat dari Palembang (2009), Wajah Deportan (2009), Pendekar Bujang Senaya (2010), Ayo Ngeblog: Cara Praktis jadi Blogger (2010), dan Membaca dan Memahami Cerpen (2010). Tahun 2009 menjadi Nominator Penulis Muda Berbakat – Khatulistiwa Literary Award. Saat ini tercatat sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beralamat di koko_p_bhairawa@yahoo.co.id, atau di prak001@lipi.go.id
Lihat profil lengkapku