Tanggal : | 25 Apr 2009 |
Sumber : | Harian Terbit |
JAKARTA - Teknologi sebagai produk sosial, termasuk internet tidak bebas nilai atau budaya. Tingkat kompabilitas antara nilai dan norma teknologi dengan nilai atau norma penggunanya sangat menentukan pola penggunaan teknologi tersebut.
"Nilai sebagian besar barang dan jasa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) cenderung lebih maskulin salah satu penyebab kesenjangan digital yang terkait gender. Laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan budaya, terspesialisasi dalam pekerjaan yang berbeda, serta mempunyai keinginan yang berbeda," Kata peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prakoso Bhairawa, Jumat [24/4].
Menurutnya, perbedaan-perbedaan tersebut berinteraksi dengan fitur-fitur dari teknologi modern, seperti internet sehingga mempengaruhi adopsi dan penggunaan internet. Hasil analisisnya menunjukkan, ketidaksetaraan gender diukur dengan proporsi pengguna internet antara laki-laki dan perempuan cenderung semakin menurun lebih cepat.
"Faktor-faktor kultural mempengaruhi keterlibatan wanita dalam pengambilan keputusan pada berbagai tingkat rumahtangga, organisasi dan tingkat nasional. Beberapa hasil penelitian, laki-laki lebih tertarik mengenai teknologi internet sedangkan wanita lebih tertarik dengan apa yang bisa dilakukan dengan internet," tandasnya
Gender, katanya, mempengaruhi keberadaan sosial dari internet, persepsi kemudahan menggunaan e-mail, dan persepsi manfaat e-mail. Persepsi wanita mengenai keberadaan sosial dari e-mail lebih tinggi dibandingkan dengan pria.
"Persepsi manfaat internet juga lebih tinggi dilihat wanita dibandingkan dengan pria, tetapi pria cenderung lebih mudah menggunakan e-mail dibandingkan wanita. Dampak TIK terhadap perkembangan ekonomi, politik, dan sosial menjadi perhatian utama di beberapa negera di Asia," tegasnya.
Melihat faktanya, perempuan juga memiliki kemampuan mengaktualisasikan dirinya di ruang publik sebagaimana halnya laki-laki. Islam memandang laki-laki dan perempuan adalah dua makhluk yang setara. (jun)
0 komentar:
Posting Komentar