SUDAH PINDAH RUMAH -> ADA KOKO

Yan, Raih Juara Umum LPIR

Jumat, 14 Agustus 2009

Pada akhirnya Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) yang berlangsung selama tiga hari, pada akhirnya berhasil menemukan sang juara. Adapun sang juara yaitu Yan Restu Freski siswa SMAN 1 Yogyakarta dengan judul penelitian Menggali Nilai-nilai Kehidupan di Balik Serat Kalatidha Karya Raden Ngabehi Ranggawarsita untuk bidang Sejarah.

Kami tidak memilah apakah itu eksakta atau non eksata atau apa saja pokoknya kami berprinsip pada kategori umum seperti daftar pustaka lengkap, menggunakan bahasa Indonesia baik dan benar, penelitiannya ilmiah, kajian ilmiah, disampaikan ke masyarakat secara ilmiah, juga ketika dipresetnasikan serta ditanya Dewan Juri Yan Restu bisa mempertanggungjawabkan,kata Ketua Dewan Juri LPIR Mien A Rifai di Jakarta, Kamis (13/8).

Keberhasilan Yan meraih medali emas dan hadiah uang tunai Rp10 juta, dikarenakan kecintaannya akan pelajaran sejarah. Selain itu dirinya sangat suka mendengarkan cerita mengenai berbagai sejarah kerajaan dari sang ayah Trihadi yang bekerja sebagai abdi dalem Keraton Yogya.

Selain baca-baca buku sejarah selama enam bulan, aku juga belajar dari guru bahasa Jawa Kanti yaitu ibu Triwik Damardjati dan suka dengarkan cerita dari ayahku yang pelukis tapi bekerja jadi abdi dalem Keraton Yogya,jelas Yan yang mengakui senang sekali akan kemenangan tersebut.

Sedangkan untuk juara dua yaitu Miftah Yama Fauzan dari SMAN 1 Sidoarjo Jawa Timur dengan judul penelitian Senjata Elektrik Murah dan Tanpa Suara sebagai Alternatif Pengganti Senjata Api untuk TNI/Polri, untuk bidang Fisika/Mesin/Elektro. Untuk kemenangannya Miftah mendapatkan medali perak dan uang tunai Rp7,5 juta.

Juara tiga diraih Dita Nurtjahya dari SMAN 1 Sungai Liat Bangka Belitung dengan judul penelitian Bentuk Sarang Lebah Pemotong Daun Mawar (Megachile unbripennis Smith), di bidang Biologi. Mendapatkan medali perunggu dan uang tunai Rp 5 juta.

Untuk juara Harapan satu diraih Alfinda Agyputri dari SMA Dian Harapan Daan Mogot DKI Jakarta dengan judul penelitian Terasing Sastra Indonesia di Negeri Sendiri (Krisis Sastra di Tengah Siswa SMA di daerah Jakarta Barat).

Harapan dua diraih oleh Agate Retno Palupi dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan judul penelitian Sari Biji Nangka (Artocarpus Heterophyllus Lamk) sebagai Alternatif Pengganti Susu Sapi dan Sari Kedelai.

Untuk Presentasi terbaik diraih oleh Dessy Eprilya dari SMAN 38 Jakarta dengan judul penelitian Implementasi Kamera Digital untuk Mengidentifikasi Satelit di Yupiter. Peraga terbaik diraih Nindya Febri Iftika dari SMAN 1 Kota Ternate Maluku Utara dengan judul penelitian Mempertahankan Eksistensi Sastra Lisan Budaya Ternate Menuju Budaya Nasional.
Di sisi lain Fetty Familda dari SMAN 1 Pemali Bangka Belitung berhasil mendapatkan predikat Bahasa terbaik dengan judul penelitian Pemanfaatan Lubang Eks Galian Timah (Kolong) Melalui Pembudidayaan Ikan Betutu (Oxycleotris Marmorta Blk) dengan Jaring Apung. (mth)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
 
 

BERGABUNG DENGAN BLOG INI

PENJAGA LAMAN

Foto Saya
prakoso bhairawa
Lahir di Tanjung Pandan (pulau Belitung), 11 Mei 1984. Ia memiliki nama pena KOKO P. BHAIRAWA. Duta Bahasa tingkat Nasional (2006) ini kerap menulis di berbagai media cetak Nasional dan Daerah. Buku-bukunya: Megat Merai Kandis (2005), La Runduma (2005), Ode Kampung (2006), Uda Ganteng No 13 (2006), Menggapai Cahaya (2006), Aisyah di Balik Tirai Jendela (2006), Teen World: Ortu Kenapa Sih? (2006). Asal Mula Bukit Batu Bekuray (2007), Medan Puisi (2007), 142 Penyair Menuju Bulan (2007), Ronas dan Telur Emas (2008), Tanah Pilih (2008), Putri Bunga Melur (2008), Aku Lelah Menjadi Cantik (2009), Pedas Lada Pasir Kuarsa (2009), Cerita Rakyat dari Palembang (2009), Wajah Deportan (2009), Pendekar Bujang Senaya (2010), Ayo Ngeblog: Cara Praktis jadi Blogger (2010), dan Membaca dan Memahami Cerpen (2010). Tahun 2009 menjadi Nominator Penulis Muda Berbakat – Khatulistiwa Literary Award. Saat ini tercatat sebagai peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beralamat di koko_p_bhairawa@yahoo.co.id, atau di prak001@lipi.go.id
Lihat profil lengkapku